Booking.com

Friday, June 6, 2014


2 hari yang lalu, mas Jaya YEA sharing tentang #efektivitas di Twitter. Buat temen-temen yang melewatkan twitteran itu, saya share disini. 

Apakah Anda ngerasa waktu habis hanya untuk mengerjakan rutinitas yg sama tiap harinya? 
Jika jawabnya "Iya", maka bisa dipastikan Anda perlu menyimak twit ini. Terkhusus untuk pengusaha.

Dalam Kitab AntiBangkrut saya singgung tentang "Teknisi Karatan", yaitu pengusaha yang terjebak di bidang teknis & rutinitas.

Hal itu wajar saat awal usaha, biasanya Anda berperan sebagai SUPERMAN. 
Apa aja dikerjain sendiri. Namun jika sudah lewat tahun pertama usaha masih seperti itu juga, maka ada yang gak beres dengan cara berbisnis Anda.

Analisalah:
1.Rutinitas apa yang Anda kerjaan tiap harinya (berulang)?
2.Di bidang apa Anda kurang? Catat yaa..

Pertama:
Rutinitas yang sama terus menerus: 
1.Gunakan TOOLS seperti software atau sistem autopilot yang Anda atau konsultan buat.
2. Saatnya mempekerjakan staff untuk melakukan rutinitas tersebut, agar Anda terbebas dari belenggu rutinitas.

"Gak kuat bayar karyawan Mas J!" >> 
3.Outsource kerjaan tsb ke orang luar, tentu dg standar kualitas.
Rumus saya: jika bisa bayar 1/2 gaji karyawan, maka saya akan ambil. Karena dengan waktu yang luang, saya bisa menghasilkan lebih. 

Sekarang banyak tools untuk mempermudah dan menghemat waktu kita. >> Kalo punya gadget, jangan buat main game doank. Misalnya meeting yang berjarak jauh dan lama, bisa diringkas dengan program chat atau skype + dropbox atau Gdrive. Praktis & Gratis.

Kedua: 
Bidang dimana Anda kurang, rekrutlah karyawan ahli atau outsource kepada yg ahli untuk menutupi kekurangan Anda.

"Tapi Mas J, ntar untungnya tipis donk" >> Untung/margin tipis, kalo VOLUME gedhe, ya gedhe juga duitnya.

Istilah kerennya "Focus on your core competence" >> tidak hanya untuk perusahaan, tapi juga untuk personal.

Saya tahu kelebihan saya dan mengakui juga kekurangan saya. Maka dari itu saya mencari tim untuk menutupi kekurangan saya. Lebih baik kita bagi kuenya, kita bisa jalan lebih lama dan bertambah besar, daripada jalan sendiri, tapi cepet matinya. 

Tak ada >> baca lagi "TAK ADA perusahaan besar yg dijalankan sendirian atau tak melibatkan pihak lain". 

Resume: Gunakan Pengungkit Manusia, TOOLS & SISTEM untuk memaksimalkan kinerja & hasil Anda. Sekian..


Sumber : @jayaYEA
Categories: , ,

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!