Booking.com

Sunday, October 14, 2012

Junk Food, nama ini pasti gak asing lagi bagi kalian. Junk Food kalo di Bahasa Indonesia kan artinya makanan nirnutrisi yaitu makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi serta jumlah lemak yang besar. Bahasa awam nya adalah makanan cepat saji.

Makanan - makanan cepat saji yang sering dianggap sebagai Junk Food adalah ayam goreng, hamburger, kentang goreng dari McDonald's, KFC dan Pizza Hut. 



Selain tidak sehat, Junk Food juga membuat ketagihan. Apa yang membuat kita sampai ketagihan dengan Junk Food? Jawabannya adalah Endocannabinoids. 

Apakah Endocannabinoids itu? 

Bisa dibilang Endocannabinoid itu adalah zat yang berperan penting dalam belajar, ingatan, nafsu makan dan menentukan rasa sakit atau tidak. Struktur dan cara kerja Endocannabinoid ini mirip dengan Cannabidiol yaitu zat yang ada dalam tanaman ganja serta dapat memicu kecanduan. Saat Junk Food dicerna dalam mulut, reaksi tersebut memberikan sinyal ke otak yang kemudian diteruskan ke usus besar untuk memproduksi Endocannabinoids. Setelah terbentuk cukup banyak Endocannabinoid, zat tersebut kemudian merangsang kembali otak untuk memberikan sinyal ke tubuh agar tubuh terus mengkonsumsi Junk Food terus menerus. 

Akibat mengkonsumsi Junk Food secara berlebihan tubuh dapat menderita Obesitas karena kadar lemak jenuhnya yang sulit diolah usus. Bahkan paling parah, Junk Food dapat mengakibatkan kanker.

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!